Selasa, 06 Agustus 2013

BUNUH DIRI TERNYATA BISA DICEGAH DENGAN MINUM KOPI

0 komentar
Kabar gembira buat Anda yang gemar minum kopi. Baru-baru ini sebuah studi di Amerika menyebutkan bahwa kandungan kafein dalam kopi dapat mencegah niat seseorang untuk bunuh diri.loh....gimana penjelasanya?
Naudzubillah,tsumma naudzubillah min dzalik....
Diskusi Islam kontemporer tentang bunuh diri berjalan di sepanjang garis tradisi dan penafsiran klasik. Tema-tema akrab dikemukakan, bunuh diri adalah dosa karena hanya Allah SWT-lah yang berhak mengambil kehidupan yang telah Dia berikan.  
Allah SWT secara tegas melarang tindakan bunuh diri. Larangan itu disebutkan, antara lain, dalam surah an-Nisa’ ayat 29 yang artinya, “Janganlah kamu membunuh dirimu, sesungguhnya Allah adalah Mahapenyayang kepadamu.” Ini seperti tertuang pula di surah an-Nisa’ ayat 30.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari Ad-Dahak disebutkan, “Barang siapa terjun dari sebuah bukit untuk menewaskan dirinya maka kelak ia akan masuk neraka dalam keadaan terlempar jasadnya. Ia kekal dalam neraka selama-lamanya.”

tapi secara ilmiahnya.kalau kopi bisa mencegah orang untuk melakukan bunuh diri...Hasil ini didapat setelah tim peneliti dari Harvard School of Public Health membandingkan risiko bunuh diri terhadap partisipan dewasa dengan kebiasaan mereka minum kopi 2-4 cangkir per hari, partisipan yang lebih sedikit mengonsumsi kopi, dan partisipan yang minum kopi tanpa kafein.
Dari studi tersebut diketahui bahwa mereka yang mengonsumsi 2-4 cangkir kopi per hari berisiko 50 peren lebih kecil melakukan bunuh diri ketimbang dua kelompok lain.
Kafein pada kopi ini dikaitkan dengan pengaruhnya dalam menurunkan rasa depresi seseorang. Dengan syarat konsumsi kafein tidak dilakukan secara berlebihan.
Dikutip Huffington Post, Michel Lucas selaku pimpinan penelitian mengatakan, “Kami mengidentifikasi kafein sebagai kandidat yang paling mungkin dari setiap efek perlindungan yang diduga dari kopi. Dalam satu cangkir kopi, Anda bisa mendapatkan sekitar 140 mg kafein.”
Konsumsi kopi dalam jumlah yang cukup memang sering dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, seperti mencegah Alzheimer, gagal jantung, hingga kanker.
Tapi perlu diingat juga,kalau ternyata kopi itu punya pengaruh buruk juga bagi tubuh kita.
Semakin populernya minuman kopi,para ahli kesehatan berfikir untuk terus meneliti kandungan yang ada pada kopi. Mereka berpendapat bahwa kopi memiliki lebih dari 500 senyawa kimia, yang salah satu diantaranya dinamakan sebagai kafestol.

Bahan kimia tersebut mulai muncul ketika bubuk kopi diberi air panas. Kafestol merupakan senyawa yang dapat meningkatkan kadar kolesterol didalam tubuh manusia hingga sebesar 10%, demikian menurut sebuah penelitian yang ada di Belanda.

Kafein merupakan senyawa paling berbahaya yang terkandung dalam kopi. Salah satu efeknya yakni sulit mengendalikan emosi, bisa jadi menjadi salah satu pemicu kanker. Kafein ini juga merupakan salah satu zat yang dapat menyebabkan kita kecanduan. Tentunya hal tersebut bisa saja terjadi, ketika kita mengkonsumsi kopi lebih dari 250 mg sekaligus atau setara dengan tiga cangkir kopi. Selain itu kopi juga meningkatkan aliran darah dalam ginjal sehingga produksi urine bertambah.
Perlu digarisbawahi, walaupun kopi juga banyak sekali manfaatnya tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan, bisa mengakibatkan jantung berdebar, hipertensi, insomnia, dan masalah kesehatan lainnya.
para Peneliti merekomendasikan agar tidak mengonsumsi kopi dengan kadar kafein melebihi 400 mg kafein per hari untuk mendapatkan manfaat sehat mengonsumsi kopi.

 profile icons

SUMBER TERKAIT POSTINGAN DIATAS 
SUMBER TERKAIT POSTINGAN DIATAS 

Leave a Reply

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan,santun dan ber etika
SAY NO TO RASIS,DAN JUNJUNG TINGGI TOLERANSI